PAUD Puspa Manado Latih Orang Tua Murid Tumbuhkan Minat Baca Anak di Usia Dini

oleh -12 Dilihat
Direktur Puspa Center Manado, Martje Pusung Pangau bersama pemateri dan tenaga pendidik di PAUD Puspa Manado.(FOTO:Pandi Mangindano)
Direktur Puspa Center Manado, Martje Pusung Pangau bersama pemateri dan tenaga pendidik di PAUD Puspa Manado.(FOTO:Pandi Mangindano)
MANADO-Meningkatkan minat baca pada anak merupakan salah satu hal yang penting dilakukan, khususnya bagi para orang tua. Kebiasaan membaca sejak dini dapat meningkatkan kemampuan anak agar siap dalam belajar mengajar ketika masuk sekolah.
“Anak-anak Indonesia punya potensi luar biasa mengenai minat baca dan literasi, tapi belum bisa dikembangkan dengan baik. Terlebih sekarang akses internet dan telepon selular sangat mudah, minat anak-anak sudah bergeser dari buku ke telepon selular. Karena itu, kami ingin menyelaraskan dan internet,” ujar, Tjahjo Suprajogo, dalam pemaparan  materi Menumbuhkan Minat Baca Kepada Anak Sejak Dini di PAUD Puspa Manado, Jumat  (20/7/2018).
Direktur Puspa Center Manado, Martje Pusung Pangau, menghadirkan PAUD Puspa Manado dengan pola pendidikan terintegrasi, yakni pendidikan terhadap anak juga pendidikan terhadap orang tua murid. Jadi, orang tua murid yang menunggu anaknya saat bermain dan belajar, mereka juga mendapat pendidikan seperti saat ini yaitu cara menumbuhkan minat baca kepada anak sejak Dini.
“Acara ini adalah program edukasi dari Puspa Center Manado. Di samping kursus Bahasa Inggris gratis, juga mengadakan seminar dan workshop yang diberikan secara gratis bagi masyarakat,” paparnya.
Meiske, salah satu tenaga pendidik di Paud Puspa Manado mengakui, dengan adanya pola pendidikan terintegrasi seperti ini, diharapkan bagi orang tua mampu mendidik anak-anaknya serta mendorong agar mampu menumbuhkan minat baca sejak dini dan menjadi contoh yang baik.
“Ini sangat penting, karena anak-anak itu cenderung mengikuti apa yang mereka lihat di depan matanya,” tukasnya. (pandi mangindano/ivo)