Ingin Sepak Bola Sulut Maju? Kesampingkan Dulu Warna dan Kepentingan

oleh
Tampak suasana Forum Mingguan KSM yang membahas soal sepak bola di Provinsi Sulut. (Marcos Budiman)

MANADO-Topik sepak bola menjadi pembahasan menarik di Forum Mingguan KORAN SINDO MANADO (KSM). Sejumlah masukan dan kritik seputaran kualitas dan perkembangan sepak bola di daerah ini, disampaikan para narasumber yang dimoderatori Ketua Dewan Redaksi KSM Wolter Rumapar, Kamis (20/9/2018).

Mewakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulut, Jufry Rumondor menjelaskan, pemerintah dalam upaya pengembangan olahraga khususnya sepak bola saat ini telah siap menganggarkan dana. Kebijakan ini untuk dilakukan dalam menyiapkan generasi muda potensial lewat try out.

Namun persoalannya, kata Rumondor, hingga saat ini Asprov PSSI Sulut belum memasukan proposal. Memang diakuinya, bahwa untuk mengembalikan kembali sepak bola di Sulut, tidak semudah membalikan telapak tangan, apalagi untuk mencapai sebuah prestasi.

Menurutnya, ini membutuhkan proses yang tidak singkat. Perlu ditunjang oleh semua stekholder. Tanpa dukungan penuh dari berbagai pihak yang berkompeten dalam dunia sepak bola, ini pastinya tidak akan terjadi.

“Diakui di jaman Gubernur Mangindaan semua kebijakan bisa dilaksanakan, namun sekarang sudah tidak bisa sembarangan karena bisa bermasalah,” ucapnya.