Sulut Supermarket Bencana, Pemerintah Harus Ada Antisipatif

oleh -
Sulut Supermarket Bencana, Pemerintah Harus Ada Antisipatif. (FOTO: Marcos Budiman)

Sekretaris BPC Perhumas Manado Winda Hapsarani mengatakan, pihaknya mem-berikan peran penting dalam menangkal berita bohong atau hoax yang menerpa bisnis pariwisata di Provinsi Sulut. Waktu Soputan erupsi pelaku wisata mengeluh karena dengan berita hoaks dengan banyak wisatawan yang membatalkan kunjungan ke Manado.

“Karena itu kami bergerak dengan menyebarkan informasi bahwa Sulut tetap aman untuk dikunjungi meskipun ada erupsi Gunung Soputan. Juga sulut berada jauh dengan Sulteng,” terangnya.

“Publikasi tersebut dilakukan lewat media sosial. Bahkan dalam publikasi yang menerangkan Sulut aman untuk dikunjungi itu diterjemahkan dalam tiga bahasa yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Mandarin,”tambah Hapsarani

Sementara itu, Perwakilan Basarnas Manado Jandry Paendong mengatakan, jika terjadi bencana pihaknya selalu siap satu kali 24 jam. “Kami selalu standby. Personil dan peralatan yang dibutuhkan siap digunakan,” paparnya.

Lanjut dia, pihaknya juga memberikan pelatihan bagi siswa seko-lah dasar hingga mahasiswa terkait kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. “SD hingga perguruan tinggi kami sudah edukasi, supaya mereka sudah tahu apa yang dilaku-kan saat terjadi bencana,” tuturnya. (KORAN SINDO MANADO/STENLY SAJOW)