Sulut Supermarket Bencana, Pemerintah Harus Ada Antisipatif

oleh -
Sulut Supermarket Bencana, Pemerintah Harus Ada Antisipatif. (FOTO: Marcos Budiman)

Menurut dia, melihat dari seja-rah, nenek moyang sudah mu-lai beradaptasi dengan gempa, salah satunya konstruksi rumah yang dibuat dari kayu. “Rumah adat Minahasa sebe-narnya adalah cermin adaptasi dengan gempa,” paparnya.

Hanya saja, Dia menerangkan, tinggal di Sulut yang berada di jalur cincin api maka masyarakat harus men-getahui cara yang dilakukan jika terjadi bencana. Mulai dari sebelum, pada saat gempa dan sesudah terjadi gempa.

“Intinya mas-yarakat tidak perlu panik. Cukup mencari tempat yang aman. Jika gempa terjadi lebih dari 30 detik maka itu sudah menjadi peringatan dini untuk berhati-hati,” paparnya.

Disamping itu, dia berharap, kepada pemerintah untuk membentuk peraturan daerah (Perda) tentang ban-gunan. Hal ini untuk men-gantisipasi terjadinya gempa dengan magnitudo yang kuat. Selain itu, ketahanan bangu-nan juga untuk mengantisipa-si terjadinya likuifaksi.

“Kami imbau karena ada di daerah gempa maka pemerintah per-lu mendorong lahirnya perda bangunan, tujuannya untuk menghindari korban jiwa yang lebih banyak,” ujarnya.