Sulut Supermarket Bencana, Pemerintah Harus Ada Antisipatif

oleh -
Sulut Supermarket Bencana, Pemerintah Harus Ada Antisipatif. (FOTO: Marcos Budiman)

dr Agusteivie Telew mengatakan, kapasitas pemerintah untuk menghadapi bencana harus diperkuat sebelum terjadi bencana. Sebab jika tidak diperkuat penanganan bencana tidak akan berjalan mulus. Bahkan hanya akan menimbulkan masalah baru.

“Pemerintah daerah harus siap menghadapi bencana, semua yang dibutuhkan un-tuk penanganan bencana harus diadakan, mulai dari kendaraan, alat berat, tenaga kesehatan, makanan dan sum-ber-sumber lainnya yang bisa digunakan saat terjadi dan sesudah bencana,” jelasnya.

Sebab, berkaca dari keja-dian gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, pemerintah daerah di sana dinilai tidak mampu menangani bencana. Semua hanya tergantung dari Pemerintah Pusat. “Jadi, jangan santai saat damai. Tapi melakukan berb-agai langkah,” ujarnya.

Lanjut dia, Untuk memberikan pemahaman kesiapsiagaan terhadap bencana, PMI telah memberikan pelatihan pada masyarakat yang tinggal di Kota Menara, Kabupaten Minahasa Selatan. Di Kota Menara, masyarakat sudah tahu apa yang akan dilakukan jika terjadi erupsi Gunung Soputan. “Masyarakat di Kota Menara sudah paham harus mengerjakan apa jika terjadi bencana,” terangnya.