Sulut Supermarket Bencana, Pemerintah Harus Ada Antisipatif

oleh -
Sulut Supermarket Bencana, Pemerintah Harus Ada Antisipatif. (FOTO: Marcos Budiman)

Kepala Pengamat Gunung Berapi Tomohon Farid Rus-kanda mengatakan, Sulut memiliki sembilan gunung api dan dua gunung api berada di bawah laut. Pembentuk gunung api di Sulut adalah lempeng Eurasia dan Pasifik. “Eurasia dan Pasifik adalah lempeng yang membangun gunung api di Sulut,” tuturnya.

Untuk saat ini, kata dia, Gunung Soputan masih bera-da pada level III atau berstatus siaga. Sedangkan Gunung Lokon pada level II atau ber-status waspada. Meskipun demikian, aktivitas Gunung Lokon patut diwaspadai. Sebab banyak warga yang bermukim di dekat gunung.

“Soputan level III tapi tidak masalah karena jarak terdekat dengan pemukiman sekira 10 kilometer, sedangkan di Lokon warga bermukim cukup dekat, ini cukup ba-haya,” terangnya.

Kasubdid Rekonstruksi BPBD Sulut, Chris Laotongan mengatakan, pihaknya selalu sigap jika terjadi bencana di daerah. “Kalau ada potensi bencana maka kami sudah siap kesana, bukan pada saat bencana,” ujarnya.

Disamping itu, pihaknya juga sering melakukan latihan bersama dengan stakeholder terkait tentang cara men-gatasi bencana. Kasipensat Pendam XIII Merdeka May-or Inf Suwarno menerang-kan, latihan bencana sangat penting dilakukan. Apalagi Sulut sangat rawan dengan berbagai bentuk bencana.

“Di Sulut kami sudah terlatih untuk menangani bencana karena sudah ada koordinasi dengan pemerintah daerah. Contohnya ketika penanga-nan bencana banjir bandang 2014 lalu,” tuturnya.