Tim Pusat Teritorial Angkatan Darat Kunjungi Korem Santiago

oleh -
Kasrem Santiago saat membawakan sambutan. (Istimewa)

MANADO-Tim Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) yang diketuai Dirbinsismet Kol Inf Ferry Sudijanto Sudin melakukan kunjungan kerja ke Korem 131/Santiago, Rabu (16/1/19).

Kunjungan tersebut dalam rangka kegiatan Sosialisasi Petunjuk Teknis Tentang Pembinaan Ketahanan Wilayah Tahun 2019 di jajaran Korem 131/Santiago.

Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Robert Joseph Giri yang diwakili Kasrem Kol Inf Theo Kawatu mengatakan, inti kegiatan salah satu program Pusat Teritorial Angkatan Darat bidang Sdirbinsismet Pusterad.

“Tujuannya untuk memberikan pemahaman dan petunjuk teknis tentang pembinaan ketahanan Wilayah bagi prajurit jajaran Korem 131/Stg, sebagai salah satu komponen pelaksana tugas dalam pemberdayaan wilayah pertahanan di darat,” kata Kasrem, di Aula Santiago, Makorem.

Giri menambahkan, tugas pemberdayaan wilayah pertahanan dapat diimplementasikan sesuai perundang undangan dan tidak menimbulkan keragu raguan dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

“Komandan Korem 131/Santiago minta kepada seluruh peserta agar mengikuti dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab. Cermati dan pelajari materi maupun permasalahan yang belum diketahui sehingga materi yang didapatkan melalui sosialisasi ini benar benar membeikan wawasan dan pengetahuan secara mendalam sehingga tidak timbul keragu raguan lagi dalam pelaksanaan tugas dilapangan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Dirbinsismet menjelaskan, Pusterad adalah salah satu badan pelaksana pusat di tingkat Markas Besar Angkatan Darat yang berkedudukan langsung di bawah KASAD.

Tugas pusterad sebagai penyelenggara pembinaan fungsi Teknis Teritorial dilingkungan Angkatan Darat.

“Dalam melaksanakan tugas pokoknya Pusterad menyelenggarakan Fungsi fungsi yaitu pembinaan teritorial, pembinaan sistem dan metode, pembinaan pendidikan dan latihan serta pengkajian dan pengembangan maupun intelijen tahun teritorial,” katanya. (Rhendi Umar/Rivco)