Gubernur Olly Lobi Penerbangan Langsung Manado-Xian

oleh -
Gubernur Sulut Olly Dondokambey (ist)

MANADO-Gubernur Olly Dondokambey membuka penerbangan Manado-Xian untuk mengejar target kunjungan 150 ribu wisatawan mancanegara (wisman) ke Provinsi Sulut di 2019. Terhitung Februari, jumlah flight Manado-China bertambah menjadi 13 kali setiap minggunya.

Gubernur Olly mengatakan, target kunjungan 150 ribu wisman akan terpenuhi dengan terbukanya banyak penerbangan langsung ke Manado. Salah satu upaya yang terus dikebut pihaknya, yaitu melakukan lobi ke pemerintah pusat serta pemerintah negara setempat untuk membuka jaringan penerbangan ke daerah ini.

Kunjungan wisman ke Sulut di 2018 sebanyak 124.830 orang. Capaian itu, melampaui target yang ditetapkan sebanyak 115.826 orang. Kita optimis, di 2019 ini target kunjungan wisman akan melebihi angka 150.000 orang,” ungkap Olly, belum lama ini.

Dia menjelaskan, 13 flight Manado-China meliputi daerah Guangzhou, Sanghai, Changsha, Tianjin dan Xian. Pun kunjungan wisman paling banyak didominasi oleh China, yakni sebanyak 107.075 turis atau 83,78%.

Kita sangat optimis jumlah kunjungan ini akan bertambah saat beroperasinya penerbangan Manado-Xian. Sektor pariwisata masih terus menjadi prioritas Pemprov Sulut sebagai penggerak ekonomi daerah,” tukasnya.

Pertumbuhan pariwisata Sulut memang mendapatkan apresiasi dari sejumlah pihak termasuk pemerintah pusat. Seperti diungkapkan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, sangat luar biasa Sulut bisa mendatangkan lebih dari seratus ribu wisman di 2018.

“Pertumbuhan wisman Sulut termasuk yang tertinggi di Indonesia. Target Pemprov Sulut sebanyak 100 ribu wisman sudah terlampaui. Untuk tahun 2019, saya yakin target 150 ribu wisman ke Sulut bisa dicapai,” kata Menpar Arief. (rivco tololiu)