Pers Butuh Perlindungan, Jerry Sambuaga Anggota Komisi I DPR-RI Dukung Revisi UU Pers

oleh -
Jerry Sambuaga. (FOTO: Valentino Warouw)

MANADO- Perlindungan terhadap pers sangat penting dalam melakukan peliputan, tentu butuh payung hukum yang kuat.

Anggota Komisi I DPR-RI Jerry Sambuaga mendukung jika ada revisi terhadap Undang-undang (UU) Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, yang dinilai belum sepenuhnya mengatur tentang perlindungan terhadap jurnalis.

“Tentang UU Pers selama ini kita pegang katalanlah ada beberapa tantangan yang bisa menimbulkan beberapa hal di lapangan. macam-macam misalkan miskomunikasi, liputan, narasumber dan sebagainya terkait hal teknisnya,” ujar Sambuaga, kepada KORAN SINDO MANADO/SINDOMANADO.COM, di Manado, Sabtu (2/2/2019).

Menurut dia, untuk revisi itu menjadi masukan buat kami, untuk kedepan kita bisa menambahkan pasal-pasal dan ketentuan untuk bisa mendukung insan pers, bukan hanya saja pemberitaan tapi dari segi perlindungan terhadap pers sendiri. Karena ini penting karena pers pertama adalah pilar demokrasi, kedua harus dilindungi dan apapun itu mereka yang menyampaikan pemberitaan dan juga kebenaran.

“Jadi saya pikir langkah-langkah kongkritnya adalah di payung hukum,” tegas dia.

Lanjut dia, tentu kita pahami bersama payung hukum itu tidak singkat mungkin kalau memang tidak sempat dengan periode ini karena akam selesai dan mungkin periode berikutnya.

“Mungkin ada tambahan-tambahan pasal secara khusus, tentu harus berkoordinasi dengan penegak hukum dan Dewan Pers,” harap dia.

Dia menjelaskan, kita harus banyak berkoordinasi dengan aparat dalam hal ini pihak kepolisian, karena kita bicara tentang perlindungan, tindakan legal, tindakan hukum tentu harus koordinasi lintas bidang.

“Saya selaku pribadi mendukung insan pers, tentu kita harus melindungi setiap rekan-rekan media apapun itu dalam melaksanakan tugasnya,” pungkas dia. (Valentino Warouw)