Sosialisasi Empat Pilar, Jerry Sambuaga : Pancasila Sudah Final

oleh -
Anggota Komisi I DPR-RI, Jerry Sambuaga. (FOTO: Christy Lompoliuw).

MANADO – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Rapublik Indonesia (DPR-RI), Jerry Sambuaga menegaskan Pancasila sudah final.

Menurut politisi Golkar ini, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila membuat Indonesia bersatu.

“Jadi, Pancasila adalah dasar negara Indonesia, dan itu sudah final tidak bisa ganggu gugat lagi,” kata Jerry Sambuaga dalam sosialisasi empat pilar kebangsaan, Sabtu (2/1/2019) di Manado.

Lanjut dia, meskipun Pancasila sudah final, namun bukan berarti menutup kemungkinan untuk membahas dan berbicara Pancasila.

“Kalau saya pribadi lebih suka setiap hari kita bicara dan berdiskusi tentang Pancasila, karena Pancasila mengajarkan dengan tegas akan nilai toleransi dan menjadikan pribadi lebih toleran,” beber dia.

Dia menjelaskan, sebagai warga negara Indonesia bangga dengan ideologi negara yang berdasarkan Pancasila.

“Hanya satu negara di dunia yang terdaftar di PBB berideologi Pancasila, hanya Indonesia,” jelas Sambuaga.

Dia menambahkan, begitu juga dengan UUD 1945 dan NKRI serta Bhineka Tunggal Ika yang menjadi bagian dari empat pilar kebangsaan, sudah final.

“UUD 1945 adalah konstitusi dan ketetapan hukum kita, begitu juga dengan NKRI sebagai suatu sistem negara yang memiliki kesatuan serta tatanan Bhineka Tunggal Ika yang sudah ada sebelum Indonesia berdiri,” tambah dia.

“Itu semua sudah Final, sehingga empat pilar kebangsaan harus kita pegang teguh, dan yang menentangnya harus kita lawan,” tutul Sambuaga. (Christy Lompoliuw)