Tarif Kargo Melonjak, JNE Tidak Naikkan Ongkos Kirim dari Manado

oleh -
Branch Manager JNE Manado Julianus Barthen

MANADO— PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) belum menaikkan ongkos kirim dari Manado ke luar daerah meskipun biaya kargo pesawat sudah naik 13%.

Branch Manager JNE Manado Julianus Barthen mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum melakukan penyesuaian biaya kiriman paket yang berasal dari Manado.

“Dari Manado misalnya ke Jakarta tidak naik, saat ini hanya Rp37.000 per kilogram (kg)  dengan estimasi dua sampai tiga hari,” ujar Barthen, Selasa, 18/6/2019.

Padahal kata dia, melihat perkembangan saat ini, maskapai sudah memberlakukan kenaikan pada harga kargo sebesar 13% dari biasanya. Dari kondisi itu, JNE kata dia, belum mengambil sikap  untuk melakukan penyesuaian tarif. Sehingga harga saat ini masih sangat terjangkau.

“Supaya harga tidak naik, ada biaya di dalam yang kita efisienkan,” paparnya.

Barthen mengatakan, langkah tidak menaikkan tarif kiriman paket dilakukan untuk membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Agar pembeli dari luar daerah tidak akan terbeban dengan biaya kiriman. Selain itu UMKM di daerah juga akan lebih agresif untuk berkembang. “Ini semau untuk kami bantu UMKM di daerah,” jelasnya. (stenly sajow)