Baru Sehari Dilantik, Sejumlah Kumtua di Minahasa Tenggara Terancam Kena Sanksi  

oleh -
James Sumendap, Bupati Minahasa Tenggara. (Foto: Istimewa)

RATAHAN– Baru sehari dilantik, sejumlah hukum tua (Kumtua) di Minahasa Tenggara (Mitra) terancam sanksi. Hal ini terkait tindakan indisipliner dengan mangkir dalam undangan resmi sidang paripurna penetapan dan pelantikan Pimpinan DPRD definitif di Sport Hall Kantor bupati, Selasa (15/10/2019).

“Belum apa-apa sudah mulai menunjukkan sikap tidak disiplin. Padahal paripurna ini merupakan agenda penting. Saya minta bagi para kumtua untuk melakukan klarifikasi atas ketidakhadirannya,” tegas Bupati Mitra James Sumendap.

Dalam kesempatan tersebut di hadapan para legislator, Semendap melakukan absensi per kecamatan terhadap kehadiran para kumtua. Sejumlah camat pun turut dimintai keterangan.

“Kalau memang ada kegiatan penting di kampung, misalnya beberapa kumtua harus menghadiri duka, ya saya terima. Tapi kalau ketidakhadiran tanpa alasan, saya kasih sanksi. Saya tidak mau tahu karena Anda baru awal saja sudah bergeliat tidak disiplin. Nanti tolong instansi terkait lakukan pembinaan serius,” timpalnya.

Terpantau, dari absensi kehadiran para Kumtua dilakukan dengan dimintakan untuk berdiri dan mengacungkan tangan. Didapati ada sekira belasan Kumtua yang tidak hadir. (Marvel Pandaleke)