Jangan Takut Divaksin, Direktur Eksekutif Walhi Sulut Ajak Warga Sukseskan Program Vaksinasi Nasional

oleh
Direktur Eksekutif Walhi Sulut, Theo Runtuwene. (ist)

MANADO — Program vaksinasi nasional yang merupakan upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Indonesia, menuai respon positif dari berbagai kalangan.

Termasuk, Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulut, Theo Runtuwene. Kepada sindomanado.com, Runtuwene mengimbau masyarakat Sulut agar jangan takut untuk divaksin. Pasalnya, vaksin buatan sinovac itu halal dan sudah digunakan Presiden RI Joko Widodo. “Mari bersama kita sukseskan program vaksinasi nasional untuk Indonesia sehat dan cepat pulih dari pandemi covid-19,” ajak Runtuwene, Sabtu (30/1/2021).

Informasi dirangkum media ini, sejak program vaksinasi Covid-19 dimulai pada 13 Januari 2021, pemerintah sudah menyuntik dosis pertama kepada 368.318 penduduk hingga Kamis (28/1).

Sedangkan dosis kedua sudah diberikan kepada 5.468 orang. Dikutip dari laman kemkes.go.id, rencana sasaran vaksinasi Covid-19 di Indonesia adalah 181.554.465 penduduk yang berumur di atas 18 tahun.

Hal ini untuk mencapai tujuan timbulnya kekebalan kelompok (herd immunity). Karena ketersediaan jumlah vaksin Covid-19 bertahap, maka dilakukan penahapan sasaran vaksinasi. Untuk tahap pertama, vaksinasi Covid-19 dilakukan terhadap Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK). Yang meliputi tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan. (kimgerry)