Seleksi CPNS Segera Dibuka, Awas Jangan Percaya Calo

oleh
(Foto: Sindomanando.com)

RATAHAN-Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) segera dibuka. Hal ini seiring diumumkannya jadwal dan tahapan perekrutan CPNS oleh Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(PANRB) secara serentak di Indonesia.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Rine Komansilan mengatakan Pemkab Mitra sedianya akan mengikuti tahapan yang sudah dijadwalkan yakni pendaftarannya akan dimulai April 2021.

“Nah kalau untuk April sudah akan dimulai dengan tahapan pendaftaran sebagaimana yang dirilis,” ujar Komansilan melalui Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian, Data Informasi Kepegawaian, Enrico Sarilim.

Selanjutnya kata dia, pada bulan Mei akan dilanjutkan dengan tahapan pemasukan berkas dan untuk Juni-September adalah tes CAT.

“Bagi warga pencari kerja khususnya di Kabupaten Mitra untuk bisa bersiap jika ingin mengambil bagian dalam seleksi CPNS tahun 2021 ini,” ujarnya.

Pihak BKPSD menjelaskan jika dari 283 formasi yang di usulkan, lebih dominan adakah tenaga kesehatan sebanyak 155 formasi. Sementara untuk tenaga pendidik sebanyak 97 formasi, disusul tenaga teknis sebanyak 31 formasi. Hanya saja terkait jumlah pasti formasi tersebut, pihaknya masih akan menunggu pengumuman resmi dari pihak kementrian PANRB akhir Maret ini.

Pun terkait dengan perekrutan CPNS kali ini, dirinya ikut meminta warga masyarakat untuk bersama mengawasi dan mengawal proses yang dipastikan akan dilakukan secara objektif dan transparan. Hal ini sebagaimana yang sudah dilakukan tahun sebelumnya.

“Ini termasuk bagaimana kita mengawasi adanya oknum oknum calo yang ingin memanfaatkan kesempatan. Nah kita berharap agar jangan sampai sebab pelamar terbuai dengan iming-iming calo. Yang menentukan lolos atau tidaknya adalah pelamar itu sendiri dengan kemampuan dan pengatahuan yang dimiliki,” pungkasnya. (marvel pandaleke)