Sekolah Pendidikan TNI Angkatan Laut Akan Dibangun di Sulawesi Utara

oleh -
Gubernur Olly Dondokambey menerima cenderamata yang diberikan Wakasal Laksda TNI Ahmad Heri Purwono. (istimewa)

MANADO – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bakal memiliki Sekolah Pendidikan TNI Angkatan Laut (AL).

Itu dibenarkan Gubernur Olly Dondokambey saat menerima kunjungan Wakasal Laksda TNI Ahmad Heri Purwono di Kantor Gubernur Sulut, Jumat (16/4/2021).

Gubernur menjelaskan, Pemerintah Provinsi Sulut akan mempelajari dan melihat berapa besar luas lahan yang akan digunakan TNI Angkatan Laut untuk membangun sekolah tersebut.

“Kami akan tinjau dulu lahan yang akan digunakan. Setelah itu akan kami siapkan,” ungkap Gubernur Olly.

Ia mengakui, jika nantinya Sekolah Pendidikan TNI Angkatan Laut sudah buka penerimaan calon siswa, pastinya akan membantu masyarakat di Bumi Nyiur Melambai yang bercita-cita menjadi TNI Angkatan Laut.

“Tidak perlu jauh-jauh sekolah ke luar daerah. Sebentar lagi Sulut akan memiliki Akademi Angkatan Laut,” tukasnya.

Sementara itu, Wakasal Laksda TNI Ahmad Heri Purwono menjelaskan, letak Provinsi Sulut yang berada di perbatasan menjadi satu pertimbangan pembangunan Sekolah Pendidikan TNI Angkatan Laut.

“Ini juga akan membuka kesempatan bagi para lulusan SMA sederajat yang tinggal wilayah perbatasan di Sulut untuk masuk ke sekolah tersebut. Wilayah lainnya juga seperti Kalimantan Utara dan Maluku Utara nanti bisa menempuh pendidikan di sini,” jelasnya.

Wakasal menambahkan, para lulusan dari Sekolah Pendidikan TNI Angkatan Laut adalah seorang perwira yang akan mengawali tugasnya di perbatasan. (rivco tololiu)