Penduduk Miskin Sulut Terendah di Sulawesi, Program ODSK Dinilai Berjalan Baik

oleh -
(Istimewa)

MANADO – Angka penduduk miskin di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tercatat paling rendah di Pulau Sulawesi.

Hal tersebut merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyatakan persentase penduduk miskin di Sulut pada Maret 2021 mencapai 7,77%, turun 0,01% poin dibanding September 2020 yang sebesar 7,78%.

Persentase angka kemiskinan daerah ini paling rendah jika dibandingkan dengan Gorontalo 15,61%, Sulawesi Tengah 13,00%, Sulawesi Barat 11,29%, Sulawesi Selatan 8,78%, dan Sulawesi Tenggara 11,66%.

Dan Sulut masih berada di bawah persentase Nasional sebesar 10,14 %.

“Patutlah bersyukur dan diapresiasi, atas kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey, sehingga walaupun didera pandemi Covid-19, tapi mampu membawa rakyat Sulut mencapai angka kemiskinan terendah se-Sulawesi,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIPS) Provinsi Sulut, Christiano Talumepa melalui Kabid Komunikasi dan Informasi Publik, Ivonne Kawatu, Minggu (18/7/2021).

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulut, Jenny Karouw menyebut capaian angka penduduk miskin Sulut yang paling rendah di Pulau Sulawesi tak lepas dari intervensi program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK).

“Program ini terus digenjot Bapak Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw di awal masa pemerintahan keduanya pada periode pertama,” beber Karouw.

Menurutnya, sinergitas yang terus didorong Pemprov Sulut untuk pemda di kabupaten/kota dalam memperkuat program ODSK menjadi bukti angka kemiskinan daerah ini dapat terus ditekan.

“Program ODSK berjalan baik. Ini kiranya dapat ditunjang bersama pemda kabupaten/kota, supaya harapan Bapak Gubernur Olly Dondokambey menekan lebih jauh angka kemiskinan di daerah ini dapat terwujud,” tandasnya. (rivco tololiu)