Maurits Mantiri Ajak Warga Bitung Jaga Kebersihan Lingkungan

oleh -
Maurits Mantiri, Wali Kota Bitung. (FOTO: Istimewa)

ONDONG – Hujan intensitas sedang menguyur Kota Bitung dua hari terakhir. Kondisi penghujan saat ini patut diwaspadai warga. Bagaimana tidak, dengan tingginya intensitas hujan identik dengan adanya serangan penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD). Sontak saja, kondisi ini langsung disikapi oleh Wali Kota Bitung Maurits Mantiri.

Dia mengatakan, kondisi penghujan beresiko terkena penyakit DBD jauh lebih rentan bila dibandingkan di musim kemarau. “Oleh karena itu, kami menghimbau warga tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan melaksanakan 3 M,” ucapnya..

Maurits menyebutkan, cara 3 M diantaranya menguras dan menyikat tempat penampungan air secara rutin. Menutup rapat semua tempat penyimpangan air dan mengubur barang bekas.

“Sudah lama 3M digadang-gadang sebagai cara ampuh untuk menekan angka penyebaran DBD. Cara antisipasi melakukan fogging bukan solusi yang aman bagi warga. Walaupun dilakukan fogging tidak bisa menjamin kalau penyebaran DBD dapat teratasi. Di sisi lain, pengasapan mempunyai efek buruk bagi warga. Ini hanya salah satu solusi, tapi yang lebih optimal dapat dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan dengan melakukan progran 3 M,” imbaunya lagi.

Maurits menambahkan, agar warga tidak kendor mentaati protokol kesehatan (prokes). Pasalnya, ancaman penyebaran Covid-19 masih tinggi sehingga patut diwaspadai warga.

“Masih dalam situasi pandemi kita tetap taat prokes. Mari kita terus sama-sama putuskan mata rantai penyebaran kasus Covid-19,” kuncinya. (Jackmar Tamahari)