Mahasiswa Papua di Sulut Dukung Proses Hukum Victor Yeimo

oleh -
Perwakilan mahasiswa Papua di Sulut yang mendukung proses hukum terhadap Victor Yeimo. (ist)

MANADO — Mahasiswa Papua di Sulawesi Utara (Sulut) mendukung penuh pemerintah dalam proses hukum yang saat ini dijalani Victor Yeimo, yang terlibat kasus kerusuhan Jayapura.

Engky Bano, mahasiswa Fakultas Ilmu Peternakan Universitas Sam Ratulangi mengatakan, kerusuhan Jayapura berdampak jatuhnya korban jiwa dan harta benda dan para pelaku harus mempertanggujawabkannya. “Penangkapan dan proses hukum terhadap Viktor Yeimo sudah sangat wajar karena dia masih berstatus sebagai warga negara Indonesia,” ujar Engky, Jumat (27/8/2021).

Ia berharap, aparat kepolisian dapat mengungkap siapa aktor dalang kerusuhan tersebut. “Kami mahasiswa yang berada di Sulut mendukung penuh dan mengapresiasi pemerintah serta pihak kepolisian yang telah menjaga situasi kamtibmas di Papua,” tuturnya.

Senada dikatakan Abraham Wadi, mahasiswa Universitas Teknologi Sulawesi Utara. Menurut dia, sudah menjadi kewajiban mahasiswa Indonesia mendukung proses hukum terhadap Victor Yeimo. “Keamanan bisa terjalin bukan saja atas kinerja aparat dan pemerintah, namun peran kita sebagai mahasiswa dan masyarakat sangat penting,” sebutnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat di Papua terutama para pemuda agar turut mendukung proses hukum terhadap Viktor Yeimo dan menjaga Kamtibmas di Papua. “Kami Papua, kami Indonesia mendukung penuh pemerintah menjaga NKRI untuk tetap aman dan damai,” pungkas Abraham. (kimgerry)