Pemprov Sulut Luncurkan Empat Inovasi Aplikasi Pelayanan Publik 

oleh -
Tampak, peluncuran empat aplikasi pelayanan publik di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut. (FOTO: Rivco Tololiu)

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) meluncurkan empat aplikasi yang merupakan inovasi dalam menunjang pelayanan publik di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Sulut, Selasa (31/8/2021).

Keempat inovasi tersebut yakni Aplikasi Manjo Ka Sulut (Media Center Jaringan Online Akurat Cepat untuk Sulut Hebat), Aplikasi Si Tali Merah (Relokasi Pertambangan Liar ke Wilayah Pertambangan Rakyat Kabupaten Bolmong Provinsi Sulut).

Selanjutnya, Aplikasi Bang Dali (Akses Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur) dan Aplikasi Papa Pande (Cepat Tanggap PPNS Dalam Penegakkan Peraturan Daerah).

Keempat aplikasi tersebut merupakan inovasi empat pejabat Pemprov Sulut dalam proyek perubahan.

Empat pejabat tersebut masing-masing Kepala Biro Adpim Dantje Lantang dengan Aplikasi Manjo Ka Sulut, Kepala Dinas ESDM dengan Aplikasi Si Tali Merah.

Kemudian, Kepala Biro Pembangunan Abdulah Mokoginta dengan Aplikasi Bang Dali, dan Kepala Satpol PP Farly Kotambunan dengan Aplikasi Papa Pande.

Sekdaprov Edwin Silangen usai peluncuran keempat aplikasi tersebut memberika apresiasi bagi empat pejabat tersebut.

Ia menyebut, inovasi pelayanan publik yang diciptakan tersebut memberikan kemudahan dalam hal pelayanan publik kepada masyarakat.

“Tentunya kami berharap dapat jadi instrumen bagi kemajuan Sulut Hebat,” ungkapnya.

Peluncuran empat aplikasi turut dilakukan oleh Asisten III Asiano Gemmy Kawatu (AGK) bersama keempat pejabat tersebut.

AGK berharap perangkat daerah di lingkungan Pemprov Sulut, khususnya para pejabat dapat selalu mengikuti perkembangan zaman dengan kemajuan teknologi saat ini.

“Sekarang era digital. Jadi, kita harus menyesuaikan termasuk dalam program pelayanan pemerintahan,” ujarnya.

Ia mengakui, inovasi memang menjadi tuntutan dalam menjawab perkembangan teknologi untuk menunjang pelayanan publik.

“Seperti yang disampaikan tadi oleh pak sekprov, kita semua perangkat daerah harus mengikuti perkembangan dalam aspek apapun,” tandasnya. (rivco tololiu)