PLN Sabet Penghargaan Best of The Best CSR 2021

oleh -
PLN raih tiga penghargaan Indonesia CSR Award 2021 yang diselenggarakan Majalah Economic Review. (Foto: Istimewa)

BALI – PT PLN (Persero) berhasil meraih 3 kategori penghargaan pada ajang Indonesia CSR Award 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah Economic Review bekerja sama dengan Ideku Group dan Indonesia Asia Institute.

Penghargaan ini diikuti oleh perusahaan nasional dan terkemuka di Indonesia baik lembaga keuangan maupun non keuangan mulai dari BUMN, BUMD, perusahaan swasta, bank, multifinance, asuransi, konstruksi, dan lain-lain.

Adapun tiga penghargaan yang diraih oleh PLN pada ajang penghargaan ini, antara lain The Best Indonesia Director for CSR of The Year 2021 yang diraih Syofvi Felienty Roekman selaku Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia.

Kemudian penghargaan first The Best-CSR of The Year 2021 Category: State Owned Enterprises Company, dan The Best of The Best-CSR of The Year 2021 Category: State Owned Enterprises Company.

Acara penganugerahan bertema “CSR & Business Sustainability-Awakening During The Covid 19 Pandemic-2021” ini, diselenggarakan secara hybrid dengan system luring di Hotel Prama Sanur Beach Bali di Denpasar, Bali dan secara daring melalui zoom meeting, Jumat (27/8/2021).

Pendiri Majalah Economic Review sekaligus Ketua Dewan Juri Hj Irlisa Rachmadiana mengatakan, banyak perusahaan di Indonesia yang sudah mendedikasikan diri untuk menjalankan program CSR sehingga tercipta sustainability serta hubungan yang erat dengan penerima manfaat.

Kontribusi pada agenda pembangunan global “Tujuan Pembangunan Berkelanjutan” atau yang dikenal sebagai (SDGs – Sustainable Development Goals) yang terdiri dari 17 goals semakin banyak dirujuk sebagai indikator keberhasilan suatu program CSR di perusahaan.

Untuk itu, lanjutnya, Economic Review merasa patut untuk memberi apresiasi atas kepada perusahaan yang telah menjalankan program CSR secara baik dimana program-program yang dilaksanakan mampu mengelola risiko dan dampak negatif maupun positif perusahaan.

“Keteladanan perusahaan-perusahaan tersebut dalam melaksanakan CSR dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk terus berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat secara luas. Hidup Terus CSR Indonesia!” ujar Irlisa.

Pada Kesempatan yang sama, Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia PLN, Syofi F Roekman berterima kasih atas penghargaan yang telah diberikan dan menyampaikan komitmen PLN atas tanggung jawab sosial. “PLN berkomitmen senantiasa hadir menjalankan peran dan tanggung jawab sosialnya melalui program-program CSR yang berkelanjutan,” katanya.

PLN telah banyak melaksanakan program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. Sementara itu, Vice President Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PLN, Agus Yuswanta mengatakan, program CSR PLN selama ini selalu diarahkan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

“Misalnya, Electrifying Agriculture yang meningkatkan produktivitas hasil pertanian dengan teknologi listrik. Ada pula pengolahan FABA hasil produksi PLTU menjadi bahan bangunan rumah sehat layak huni, serta pengolahan Sampah sebagai bahan bakar energi terbarukan,” tambahnya.

Tanggung jawab sosial didefinisikan dalam ISO 26000 2010 merupakan kewajiban perusahaan dalam bertanggung jawab terkait dampak dan keputusannya terhadap masyarakat dan lingkungan.

Yang dilakukan melalui perilaku yang etis dan transparan dan berkontribusi dalam mewujudkan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang telah disepakati oleh bangsa-bangsa di dunia.(Fernando Rumetor/*)