Gandeng BRI, Korem 131/Santiago Sebar Bantuan ke Nelayan

oleh -
Danrem Brigjen Meyer Putong menyerahkan bantuan Presiden kepada nelayan. (FOTO: Istimewa) 

MANADO – Korem 131/Santiago kembali menggandeng salah satu BUMN yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Manado kembali menyalurkan bantuan beras dan paket sembako dari pemerintah pusat (Presiden Joko Widodo) kepada masyarakat nelayan yang yang terdampak Covid-19, berlokasi di Kelurahan Bahu Lingkungan 1, Kecamatan Malalayang, Kota Manado pada Selasa (21/9/2021).

Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Meyer Putong mengatakan, bantuan dari pemerintah pusat berupa Beras sebanyak 80 karung yang dikemas dalam 10 kilogram per karung kali ini, menyasar bagi warga nelayan yang terdampak Covid-19.

“Hari ini kami kembali bersinergi dengan Bank Rakyat Indonesia cabang Manado untuk menyalurkan bantuan berupa beras sebanyak 800 Kg yang dikemas dalam 10 Kg / karung dari pemerintah pusat dalam hal ini Presiden RI. Bantuan ini kami salurkan khususnya kepada masyarakat nelayan yang terdampak Covid-19,” ujar Danrem.

“Kebetulan hari ini kami salurkan kepada para Nelayan yang berada di Kelurahan Bahu lingkungan I dan yang benar benar sangat membutuhkan bantuan. “Semoga bantuan dari Pemerintah pusat ini bisa bermanfaat untuk keluarga dalam meringankan beban hidup sehari hari warga, di situasi pandemi saat ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Danrem menyampaikan bahwa tugas TNI dan pemerintah untuk membantu dan melayani masyarakat bukan untuk dilayani.

“Tugas kami untuk melayani bukan dilayani. Namun kami harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi Bapak dan Ibu sekalian disaat kondisi yang semakin sulit belakangan ini. Ini adalah wujud/realisasi serta kepedulian TNI. Kami hadir bersama rakyat meski dalam situasi dan kondisi Sulit apapun,” tandas Danrem.

Penyerahan Bantuan tersebut ternyata mendapat sambutan baik dan hangat dari warga. Hal ini terlihat dengan banyaknya warga masyarakat yang menunggu meski penyaluran belum dimulai.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Cabang (Kacab) BRI Manado Purwanto mensosialisasikan pinjaman Kredit Usaha Rakyat dan menyerahkan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara simbolis kepada perwakilan nelayan dan pelaku usaha.

Hal tersebut disampaikannya sebagai bentuk realisasi program pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional akibat dampak dari Covid-19.

Sementara itu, Saudara Dance Paiman, salah satu Warga di Kelurahan Bahu Lingkungan 1 yang kesehariannya berprofesi sebagai nelayan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden RI dan Korem 131/Santiago atas bantuan beras dan paket sembako yang diterimanya.

“Kami sangat bersyukur atas kepedulian bapak bapak TNI dan BRI yang sudah memberikan perhatiannya kepada kami masyarakat nelayan disaat kami sedang mengalami kesulitan masalah ekonomi akibat masa pandemi saat ini,” ungkapnya usai menerima bantuan.

“Memang kondisi ini berimbas pula pada pendapatan kami sebagai masyarakat nelayan. Namun dengan adanya bantuan ini kami merasa sangat berharga dan bermanfaat bagi kebutuhan keluarga saya,” tukasnya.(Deidy Wuisan)