Hanya Empat Daerah di Indonesia, Minut Masuk Salah Satu Pilot Project Pengurangan Emisi

oleh
Bupati Minut Joune Ganda saat virtual meeting dengan tim GCom Asia. (FOTO:Istimewa)

MINUT – Tim GCom (Global Covenant of mayars for climate and energy Asia) tiba di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulut.
Kedatangan tim tersebut untuk menandatangani Letter of Commitment antara Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dan GCom Asia. Diketahui Pemkab Minut menjadi satu dari empat kota di Indonesia yang terpilih sebagai Pilot City.

Bupati Minut Joune Ganda dalam sambutan secara daring menyampaikan salam hangat dan selamat datang kepada rombongan GCoM Asia Seth Van Doorn Project Manajer, Foreign Policy Instrument European Union for Indonesia).

Mereka yakni Asih Budiati (Team Leader GCoM Asia), Prof. Rizaldi Boer (Executive Director Center of Climate Risk and Opportunity Management in Southeast Asia and Pacific of IPB), Rona Ikram Putri (Project Assistant GCom SEA United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC).
Dikatakan Joune Ganda, Kabupaten Minahasa Utara akan menerapkan kebijakan dan mengambil langkah-langkah nyata untuk mengurangi emisi.

Hal tersebut sebagai antisipasi dampak perubahan iklim, meningkatkan akses terhadap energy yang berkelanjutan dan mengikuti perkembangan dalam mencapai tujuan tersebut.

“Saya ucapkan selamat kepada para seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam kegiatan pengendalian perubahan iklim, dan saya mendorong seluruh pihak untuk mengambil peran aktif sesuai tugas dan fungsinya dalam upaya pengendalian perubahan iklim di Indonesia,” terang Bupati JG. (Wolter R)