Sekdaprov AGK Harap Pengadaan Barang dan Jasa Dilakukan Secara Efektif dan Efisien

oleh
(foto: istimewa)

MANADO – Sekdaprov Sulawesi Utara (Sulut) Asiano Gamy Kawatu membuk kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Barang dan Jasa di lingkup Pemprov Sulut di Luwansa Hotel Manado, Selasa (8/2/2022).

Kesempatan itu, AGK sapaan akrab Gamy Kawatu mengapresiasi Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) yang melaksanakan bimbingan teknis tersebut.

“Saya sampaikan apresiasi juga kepada bapak/ibu PPKom, pejabat struktural dan pejabat fungsional di lingkungan Pemprov Sulut,” ungkapnya mengawali sambutan.

AGK menyampaikan bahwa perlu dipahami pengadaan barang/jasa pemerintah mempunyai peran penting dalam menyukseskan pembangunan dalam rangka peningkatan pelayanan publik, baik pusat maupun daerah.

“Kita pun memahami bahwa setiap kegiatan pengadaan barang/jasa pemerintah yang dibiayai dengan APBN atau APBD, dapat dilaksanakan baik secara swakelola maupun oleh penyedia barang/jasa,” terangnya.

Ia menjelaskan, komponen pengadaan barang/jasa pemerintah mencapai 40%. Sehingga dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa di lingkungan pemerintahan, semua unsur yang terkait dan pihak-pihak terlibat, mulai dari PA/KPA, Pokja pemilihan dan PPkom harus melaksanakannya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Serta harus memahami dan menguasai berbagai potensi permasalahan pengadaan. Ini menjadi keharusan, karena dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah terdapat potensi permasalahan hukum,” paparnya.

AGK berharap, kegiatan tersebut memang sepatutnya dilaksanakan dan dimanfaatkan bersama dalam rangka penguatan peran bapak/ibu untuk kedepan tetap konsisten terhadap fungsi, serta pengordinasian, melaksanakan pengadaan barang/jasa pemerintah secara efektif dan efisien.

“Oleh karena itulah, diharapkan dapat diikuti dengan baik, sehingga akan semakin memahami aturan-aturan terkait pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah, dan semakin memahami prosesnya,” tandas AGK yanf juga menjadi salah satu narasumber.

Adapun narasumber lainnya dari kegiatan ini yakni perwakilan Polda Sulut, Kepala Inspektorat Sulut Meiki Onibala, Asisten II Praseno Hadi, LKPP dan Kejaksaan secara daring.

Turut hadir pejabat eselon II lingkup Pemprov Sulut, pejabat PPkom, pejabat struktural, pejabat fungsional Pengeleloaan Barang dan Jasa lingkup Pemprov Sulut. (rivco tololiu)

No More Posts Available.

No more pages to load.