BPS Sulut Harap Hasil Sensus Pertanian 2023 Jadi Acuan Pengambilan Kebijakan di Sektor Pertanian

oleh
Rapat Koordinasi Daerah Diseminasi Data Sensus Pertanian 2023 (Rakorda ST 2023) di Hotel The Sentra. (FOTO: Fernando Rumetor)

Data hasil ST 2023 pun disambut baik Pemprov Sulut, seperti yang disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM/PTSP) Sulut, Syaloom Korompis.

“Diseminasi data hasil Sensus Pertanian 2023 menjadi langkah strategis dalam memahami kondisi sektor pertanian dan tantangan yang dihadapi, untuk kemudian merancang kebijakan yang efektif untuk memajukan sektor ini,” jelasnya.

Sektor pertanian, lanjutnya, merupakan sektor yang memiliki peran strategis dalam pembangunan perekonomian Sulawesi Utara. “Sektor ini juga menyerap cukup banyak tenaga kerja di Sulut,” ucap Korompis.

Rapat Koordinasi Daerah Diseminasi Data Sensus Pertanian 2023 (Rakorda ST 2023) di Hotel The Sentra. (FOTO: Fernando Rumetor)

Data hasil Sensus Pertanian 2023 pun, kata dia, bakal dijadikan sebagai bahan evaluasi dan dasar pengambilan kebijakan selanjutnya, terlebih saat ini Pemprov Sulut tengah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang tahun 2025-2050. 

“Kita berharap kolaborasi tim BPS dan perangkat daerah di Sulawesi Utara terus diperkuat, dan kita semua bahu-membahu untuk kepentingan bersama demi Sulawesi Utara maju dan sejahtera,” tutur Korompis.

Hadir dalam Rakorda ST 2023, perwakilan OPD se-Sulut, perwakilan BPS Kabupaten/Kota se-Sulut hingga stakeholders terkait lainnya. (Fernando Rumetor)