BPS Sulut Harap Hasil Sensus Pertanian 2023 Jadi Acuan Pengambilan Kebijakan di Sektor Pertanian

oleh
Rapat Koordinasi Daerah Diseminasi Data Sensus Pertanian 2023 (Rakorda ST 2023) di Hotel The Sentra. (FOTO: Fernando Rumetor)

MINUT – Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara (BPS Sulut) menggelar Rapat Koordinasi Daerah Diseminasi Data Sensus Pertanian 2023 (Rakorda ST 2023) di Hotel The Sentra, Minahasa Utara pada Kamis (7/12/2023).

Kegiatan tersebut diketahui merupakan salah satu cara BPS Sulut dalam mendiseminasikan data hasil Sensus Pertanian 2023 Tahap 1 kepada organisasi perangkat daerah (OPD) hingga awak media.

Kepala BPS Sulut, Asim Saputra menyebut hasil Sensus Pertanian 2023 Tahap 1 diterima dengan baik oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

“Kita berharap data hasil Sensus Pertanian 2023 bisa mewarnai rencana-rencana pembangunan pertanian di Sulawesi Utara pada masa depan,” tutur Asim.

Lanjutnya, sektor Pertanian merupakan sektor unggulan di Sulut. Pangsa ekonominya mencapai lebih dari 20 persen. “Sektor Pertanian bisa menjadi tulang punggung ekonomi daerah saat pandemi Covid-19” bebernya.

Salah satu yang menarik, kata Asim, hasil ST 2023 menunjukkan tidak adanya anak dibawah 15 tahun yang bekerja di sektor pertanian. “Disisi lain petani kita di Sulut didominasi mereka yang berumur 40 tahun ke atas,” sebutnya.

“Tantangan kedepan ialah bagaimana sektor pertanian bisa dikelola dengan baik, dengan pendekatan lebih modern dan menarik minat generasi muda, generasi milenial di sektor pertanian,” ucapnya. 

Pihaknya pun berharap berbagai data statistik yang dihasilkan BPS bisa terus menjadi pelit bagi pembangunan di Bumi Nyiur Melambai.

“Kami bersungguh-sungguh untuk terus mendukung program-program pemerintah, agar pembangunan di Sulut bisa mengantarkan masyarakat maju dan sejahtera,” harap Asim.