Masyarakat Sulut Dinilai Terbiasa Konsumsi Mentah Informasi Hoaks

oleh
Pelaksanaan Diskusi Forum Mingguan KORAN SINDO MANADO. (Marcos Budiman)

MANADO-Ternyata banyak warga di Sulawesi Utara (Sulut) cepat percaya dengan satu informasi atau berita yang tidak mempunyai kebenaran atau sumber yang berbau hoaks.

Hal ini terungkap dalam Forum Mingguan (FM) KORAN SINDO MANADO (KSM) yang mengangkat tema “Pemilu 2019 Tanpa Hoaks dan SARA”.

Forum diskusi yang dipandu Wapemred KSM Waldy Mokodampit ini, dihadiri sejumlah narasumber dari unsur pemerintah, KPU, Bawaslu, kepolisian, akademisi, calon legislatif (caleg) dan pengurus partai politik (parpol) di Sulut, Kamis (18/10/2018).

Kasubdit II Cyber Crime Polda Sulut, AKBP Iwan Permadi mengatakan, sesuai monitoring dan pengawasan pihaknya, banyak sekali masyarakat Sulut terdeteksi suka melakukan postingan hoaks, bahkan tulisan di medsos yang mengandung unsur kebencian dan sebagainya.

Iya, ini banyak ditemui khususnya pengguna medsos, seperti facebook. Sudah ada beberapa yang kami proses hukum karena dilaporkan warga yang merasa dirugikan,” ungkap Permadi.

Perwira berpangkat dua bunga ini menyebut, informasi berbau hoaks dan SARA kebanyakan beredar di medsos dengan berbagai macam bentuknya.