Sambuaga: Pancasila Perlu Masuk Kurikulum Pendidikan Sejak Dini

oleh -
Sambuaga: Pancasila Perlu Masuk Ke Kurikulum Pendidikan Sejak Dini
Jerry Sambuaga. (FOTO: Christy Lompoliuw)

MANADO- Rasa kecintaan dan patriolisme akan Pancasila yang merupakan ideologi dasar utama berdirinya negara Indonesia dan bagian dari empat pilar kebangsaan, harus ditanamkan sejak dini kepada generasi muda bangsa.

Hal tersebut ditegaskan Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Repubulik Indonesia (DPR-RI) Jerry Sambuaga, meminta agar pemahaman akan Pancasila lebih disaktikan dan diajarkan sejak dini kepada generasi penerus.

“Saya sudah mengusulkan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) maupun Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), agar Pancasila dimasukan dalam kurikulum pendidikan, kalau perlu ditanamkan sejak Taman Kanak-kanak,” kata Jerry Sambuaga dalam sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Sabtu (2/2/2019) di Manado.

BERITA TERKAIT: Sosialisasi Empat Pilar, Jerry Sambuaga : Pancasila Sudah Final

Menurut dia, nantinya jika sudah masuk dalam kurikulum pendidikan, anak didik diajak untuk pelisir ke setiap pelosok daerah yang di Indonesia.

“Anak-anak kita ajak piknik ke luar daerah. Nantinya dari situ kita ajarkan bagaimana keberagaman dan toleransi bangsa Indonesia yang tercermin dari ideologi Pancasila,” ujar Jerry Sambuaga yang duduk di Komisi I DPR RI ini.

Lanjut dia, untuk mendukung program ini berjalan, negara harus mendukung penuh dengan mengalokasikan anggaran dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) maupun APBD (Daerah).

“Anggaran untuk pendidikan 20 persen yang ditetapkan dalam APBN maupun APBD, maka masukan program tersebut untuk direalisasikan,” tutup dia. (Christy Lompoliuw)

 

 

 

Editor: Valentino Warouw