Lumentut: Dengan Semangat Gotong Royong Mari Kita Bangun Manado yang Maju dan Lebih Baik

oleh -
Wali Kota Manado Vicky Lumentut. (Istimewa)
MANADO – Momentum perayaan hari ulang tahun (HUT) Kota Manado yang ke-397 yang mengambil tema “Bersama Torang Bisa” pada tahun ini terasa sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan pandemi virus korona (Covid-19) yang sementara melanda Kota Manado.
Dalam penyampaiannya ketika mengikuti rapat paripurna istimewa DPRD Manado secara daring lewat sambungan konferensi video, Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengatakan, meskipun ditengah pandemi yang belum usai, Ibukota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini bisa menapaki usia ke-397.
“Berbagai tantangan dan ujian menyertai jejak langkah pembangunan Kota Manado dari waktu kewaktu, namun demikian tantangan dan ujian tersebut selalu mampu dilewati berkat kekuatan utama, yakni semangat persatuan dan kebersamaan yang termanifestasi dalam budaya gotong royong, baku-baku tolong,” ujarnya Selasa (14/7/2020).
Lanjutnya, disaat seperti ini ketika Kota Manado sedang dilanda ujian berat, yakni pandemi Covid-19, dimana saat ini penyebaran Covid-19 masih cukup tinggi, tak hanya menyerang manusia saja, tetapi juga tatanan sendi-sendi kehidupan pada semua aspek.
“Tantangan terbesar kita dalam menghadapi pandemi ini adalah kesamaan persepsi yang harus terus dibangun dan diperkuat pada seluruh elemen masyarakat, untuk mencapai itu, kita harus menghidupkan semangat kebersamaan dan gotong royong,” ungkap Ketua Dewan Pengawas APEKSI itu.
“Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, yakinlah bahwa bersama torang bisa membangun kembali dan bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19,” tambahnya.
Semangat kebersamaan yang dimaksud ialah mematuhi semua protokol kesehatan di tengah wabah Covid-19, seperti memakai masker, jaga jarak, rajin mencuci tangan, dan menghindari keluar rumah apabila tidak diperlukan.
“Akhir-akhir ini juga saya dengar penularan sudah airborne, ada diudara, maka kita juga harus lengkapi dengan Face shield dan lain-lain untuk menangkal terjadinya penularan,” imbuh Lumentut.
Tak lupa juga, Wali Kota Manado dua periode itu menyampaikan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang tidak pernah lelah, tidak pernah berhenti bekerja keras untuk membantu masyarakat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
“Sekali lagi terima kasih yang sebesar-besarnya. Selamat memperingati HUT ke-397 Kota Manado. Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, bersama torang bisa mewujudkan Kota Manado yang maju dan lebih baik,” tutupnya. (Fernando Rumetor)