Rizya Ganda Davega Dilantik Ketua Dekranasda Minut

oleh -
Rizya Ganda Davega dilantik sebagai Ketua Dekranasda Minut. (Ist)

AIRMADIDI- Rizya Ganda Davega dilantik sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) oleh ketua Dekranasda Sulawesi Utara (Sulut) Rita Dondokambey Tamuntuan, di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Jumat (26/3).

Rizya mengatakan, sinergitas Program antara Dekranasda dan PKK Minut akan dilakukan demi mengoptimalkan sumber daya alam, serta sumber daya manusia yang ada.

“Kita akan membuat program yang memberdayakan ibu-ibu rumah tangga sebagai pelaku industri rumahan, yang menghasilkan karya seni, produk kerajinan yang memiliki daya jual,” ujar istri Bupati Minut Joune Ganda itu, didampingi Kristi Arina Lotulung istri Wakil Bupati Minut Kevin Lotulung.

Lanjut dia, meminta dukungan semua pihak, serta stakeholder terkait nantinya menunjang program-program dari Dekranasda Minut.

“Saya mohon dukungannya, harapan saya semua pihak berkolaborasi agar kedepan kita bisa membangkitan pelaku-pelaku usaha kerajinan yang produktif, serta mampu membawa produk lokal ke tingkat nasional bahkan internasional,” harap dia.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Sulut Rita Dondokambey-Tamuntuan berharap, berharap dengan dilantiknya ibu-ibu dapat membina kelompok pengrajin rakyat di daerah masing-masing untuk mengangkat berbagai produk kerajinan khas daerah.

“Saya ucapkan selamat kepada yang sudah dilantik, bekerjalah dengan baik dan serius. Mari juga semua mendukung program-program dari pemerintah pusat yang menjadikan Sulut sebagai salah satu tujuan wisata unggulan,” pungkas dia.

Diketahui, yang dilantik yakni, Dekranasda Ketua  Tomohon, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). (valentino warouw)