Pemkab Minut Berikan KIA ke Anak Umur 0-17

oleh -
Bupati Minut Joune Ganda saat membagikan KIA ke anak-anak. (Ist)

AIRMADIDI- Anak dibawa 12 tahun di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) sudah bisa mengambil Kartu Identitas Anak (KIA) yang disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minut.

Pagi tadi, Senin (29/3) setelah ibadah oikumene di Pendopo, Bupati Minut Joune Ganda dan Wakil Bupati Minut Kevin Lotulung didampingi pihak Dukcapil, secara simbolis menyerahkan KIA kepada  empat orang anak TK dan lima orang anak SD.

“KIA adalah program dari pemerintah pusat yang harus disukseskan hingga ke wilayah kabupaten dan kota. Sebagai warga negara anak-anak mendapat hak yang sama untuk pengakuan negara melalui sebuah kartu identitas,” ujar dia.

Lanjut dia, KIA, yang mulai digagas sejak tahun 2016, merupakan identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan oleh Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil.

“Kini, orang tua, setelah sang ibu melahirkan anak, tak hanya mengurus akta kelahiran, mereka harus membuat KIA untuk buah hatinya,” jelas  terang dia, didampingi Wakil Bupati Kevin Lotulung.

Diketahui, pemerintah, melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), terus berbenah terkait perekaman data dan identitas. Kini, selain Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) untuk warga usia 17 tahun ke atas, juga KIA untuk usia 0-17 tahun. (valentino warouw)