Dugaan Praktik Mafia Tanah Gogagoman Polda Sulut Segera Gelar Perkara

oleh -
Kantor Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara. (foto: istimewa)

MANADO- Dugaan praktik mafia tanah dengan motif memalsukan dokumen dan penggelapan hak atas tanah di Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, RT 25, RW 7, Lingkungan IV, Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara (Sulut), segera dilakukan gelar perkara oleh Polda Sulut, Jumat  (16/4/2021)

“Terkait pelaksanaan gelar perkara dijadwalkan hari Jumat 16 April 2021, kepada pihak pelapor dan terlapor masing-masing sudah dikonfirmasi,” ujar Kasubdit II Harda Polda Sulut AKBP Joko Isnawan, saat di konfirmasi, Rabu (14/4/2021).

Menurut dia, dalam penaganan kasus sengketa tanah ini pihak penyidik sangat berhati-hati.

“Penyidik sangat berhati-hati dalam menangani kasus ini, karena banyaknya terlapor jadi dierlukan waktu untuk memeriksa satu persatu. Jadi tidak ada indikasi Polda Sulut memperlambat kasus ini,” tegas dia.

Lanjut dia, gelar perkara merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari penyidikan.

“Secara formal, gelar perkara dilakukan oleh penyidik dengan menghadirkan pihak pelapor dan terlapor. Jika tidak menghadirkan pelapor dan terlapor maka gelar perkara yang dilakukan, dapat cacat hukum,” beber dia.

Pelapor Aca Saudale mengatakan, terima kasih kepada Kapolda Sulut atas perhatiannya. Semoga digelar perkara dengan seadil-adilya. “Kami minta keadilan dalam kasus ini, sekali lagi terima kasih. Ini gelar internal jadi belum hadirkan pelapor deng terlapor,” pungkas dia (dedywuisan/valentino)