Akses Jalan 10 Desa di Kecamatan Touluaan Selatan Tertutup Longsor

oleh -
Akses jalan utama menuju Kecamatan Touluaan, tertutup longsor. (FOTO:Ist)

RATAHAN-Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara sejak beberapa hari terakhir, membuat salah satu akses jalan utama dikecamatan Touluaan Selatan terputus akibat longsor.

Kepala Wilayah Camat Touluaan Selatan, Ezra Sengkey mengungkapkan, longsor terjadi sekira pukul 20:00 Wita, Minggu 18/4/2021.

“Untuk sekarang kondisinya belum bisa dilalui karena longsor cukup parah. Sebagian jalan juga yang nyaris putus, ada juga yang tertimbun longsor dari arah atas,” ungkap Sengkey.

Dirinya mengungkapkan ruas jalan penghubung ini merupakan akses utama 10 Desa yang ada di Touluaan Selatan. Saat ini masyarakat belum bisa beraktifitas keluar wilayah.

“Ada warga yang memaksakan untuk lewat, tapi harus jalan kaki melewati longsor. Sementara akses jalan alternatif lain, warga harus memutar dengan jarak yang cukup jauh melewati Desa Pontak dan Ranoyapo dikabupaten Minsel,” terangnya.

Sengkey menambahkan jika sudah melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan juga pihak PU untuk mengerahkan alat berat.

“Informasi terakhir, alat berat dari Dinas PU sudah akan diarahkan untuk membuka akses jalan dari longsor,” timpalnya. (Marfel Pandaleke)