Danrem 131/Santiago Hadiri Rapat Koordinasi FKUB dan Forkopimda Provinsi Sulawesi Utara 2021

oleh -
Rapat koordinasi FKUB dan Fokopimda. (FOTO: Istimewa)

MANADO – Danrem 131/Santiago hadiri Rapat Koordinasi FKUB dan Forkopimda Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2021 bersama Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G. Matondang, M.M., M.Tr Han serta Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana bertempat di ruang C.J Rantung Kantor Gubernur Sulut, Selasa (4/5/2021).

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah dalam rangka membangun, memelihara, memberdayakan, menjaga serta memelihara kerukunan antar umat beragama khususnya di wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

FKUB mempunyai tugas melakukan dialog dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat, menampung aspirasi ormas keagamaan dan aspirasi masyarakat, menyalurkan aspirasi ormas keagamaan dan masyarakat dalam bentuk rekomendasi sebagai bahan kebijakan kepada bupat/ wali kota / gubernur dan
melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan dan kebijakan di bidang keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama dan pemberdayaan masyarakat, disamping tugas tersebut diatas FKUB juga menyelenggarakan fungsi Perumusan kebijakan di bidang pembinaan lembaga kerukunan agama dan harmonisasi umat beragama, serta bimbingan umat.

Pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan lembaga kerukunan agama dan lembaga keagamaan, harmonisasi umat beragama,
Penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang pembinaan lembaga kerukunan agama dan lembaga keagamaan.

Rapat tersebut dipimpin Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw, dalam rangka pengamanan dan penanganan Covid-19 menjelang perayaan hari besar keagamaan di Wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam rakor kali ini, Gubernur Sulut menjelaskan bahwa FKUB sebagai media silahturahmi dan komunikasi bersama
unsur forkompinda dengan para pengurus FKUB Provinsi Sulawesi Utara, dengan tujuan menyamakan persepsi demi mencapai tujuan bersama,” ujar Olly

“Dan untuk menindak lanjuti surat edaran dari Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H kita harus tetap memperhatikan protokol kesehatan dan laksanakan pembatasan sesuai anjuran pemerintah,”ujar Gubernur

Dit  tempat yang berbeda, usai rapat tersebut Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong SH langsung perintahkan kepada para Dandim jajaran Korem 131/Santiago agar melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait (Forkopimda) untuk mengantisipasi situasi keamanan yang akan terjadi sebelum, selama dan sesudah hari raya idul fitri serta maraknya masyarakat yang akan melaksanakan mudik. Perintahkan anggota untuk berjaga ditempat-tempat atau pos pos penyekatan yang sudah ditentukan/dibuat, koordinasikan dengan instansi terkait dalam hal ini pihak kepolisian dan stake holder yang ada di wilayah tugas dan tanggung jawab masing masing untuk pelaksanaannya,” ujar Danrem.

Danrem juga mengajak Forum Kerukunan Umat Beragama agar menjadi media dalam menjaga kerukunan antar umat beragama khusunya di wilayah provinsi Sulawesi Utara.

“Sebagai masyarakat yang hidup selalu berdampingan kita memang sudah seharusnya terus menjaga dan menjalin kerukunan, dan tugas dari FKUB ini lah yang menjadi media silaturahmi dan Komunikasi dengan unsur Forkopimda (Pemerintah) sehingga terbangun situasi yang harmonis antar pemeluk umat beragama,” ucap Brigjen Meyer. (Deidy Wuisan)