Pemerintahan Olly-Steven Raih Peringkat Satu Pencegahan Korupsi dari KPK

oleh -
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. (istimewa)

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mendapat peringkat pertama terkait Monitoring Centre Prevention (MCP) Pencegahan Korupsi untuk mendorong Tata Kelola Pemerintah Daerah dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pemprov Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw mendapatkan nilai 61,27 untuk triwulan II tahun 2021.

“Haleluya, puji Tuhan! Berkat instruksi dari Bapak Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, MPC Pemprop Sulut rangking satu nasional,” ungkap Kepala Inspektorat Pemprov Sulut, Meiki Onibala, Selasa (31/8/2021).

Menurutnya, hal ini diumumkan langsung oleh Ketua KPK Firli Bahuri saat Launching Sinergitas Pengelolaan Bersama Monitoring Centre For Prevention (MCP) serta Rakorwasdanas 2021 yang digelar secara virtual, pagi tadi.

Lanjut Onibala, bahwa MCP ini terkait tata kelola keuangan pemerintahan daerah.

“Yaitu melakukan pencegahan atau tindakan preventif atas peyimpangan atau perbuatan melawan hukum yang sampai berakibat dapat di kategorikan sebagai tindak pidana korupsi,” jelasnya.

Ia menjelaskan, Launching Sinergitas Pengelolaan Bersama Monitoring Centre For Prevention (MCP) ini dilakukan langsung KPK bersama BPK-RI serta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

“Terima kasih ini semua berkat petunjuk dari pak gubernur dan pak wagub, serta doa hingga semangat dari warga Sulut untuk memberantas korupsi,” pungkasnya. (rivco tololiu)