Di TPA Sumompo, BKSUA Manado Canangkan Manado Bersih Manado Sehat

oleh -
Wawali Richard Sualang didampingi Sekkot Micler Lalat bersama pengurus BKSAUA Manado mendeklarasikan Manado Bersih Manado Sehat di puncak TPA Sumompo, Kamis (23/9/2021).

MANADO – Badan Kerjasama Antar Umat Beragama (BKSUA) Kota Manado mencanangkan Program Manado Bersih Manado Sehat di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sumompo, Kamis (23/09/2021).

Pantauan sindomanado.com, kegiatan diawali dengan doa bersama Pemerintah Kota dan Pimpinan BKSUA Kota Manado dan penanaman pohon oleh Wakil Wali Kota Richard Sualang.

Dalam sambutannya, Wawali Sualang memberikan apresiasi kepada BKSUA Kota Manado yang boleh mencanangkan program untuk membantu Pemerintah Kota Manado dalam membangun kota ini.

“Kiranya ini bukan hanya seremonial belaka, tapi juga menunjukkan komitmen seluruh agama, tokoh agama bahkan umat beragama untuk mendukung dan bersinergi dengan Pemkot Manado dalam menjalankan program di Manado,” ujar Sualang.

Ia mengungkapkan, hal seperti ini harus selalu dijaga agar situasi dan kondisi di Kota Manado selalu kondusif, aman dan tentram karena jika tidak maka akan sulit untuk menjalankan program dan membangun di Kota Manado.

“Sebagai bagian dari pemerintahan Kota Manado, BKSUA kiranya dapat menjalankan program yang dapat menunjang program pembangunan dari Pemkot Manado,” ujar Wawali.

Suasana deklarasi Program Manado Bersih Manado Sehat yang digagas BKSAUA Kota Manado.

Sementara itu, Ketua BKSUA Kota Manado Pdt Judi Tunari mengatakan, kegiatan ini didasari atas program Wali Kota Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota Richard Sualang yang sangat fokus dalam kebersihan, maka tokoh agama harus menjadi garda terdepan untuk menciptakan Manado Bersih Manado Sehat.

“Selain mengawal agar Manado rukun, damai dan toleransi, tokoh agama harus mampu menjadi teladan dalam menjaga kebersihan di Kota Manado,” ujar Tunari.

Menurutnya, dalam program Manado Bersih Manado Sehat ini, seluruh pengurus dan anggota BKSUA Kota Manado akan melakukan kegiatan-kegiatan bersih di seluruh kecamatan yang ada di Kota Manado.

“Kami akan melakukan kegiatan bersih-bersih wilayah di setiap kecamatan secara bergantian,” tukas Tunari.

Dalam kegiatan ini turut diserahkan bantuan bahan pokok bagi lima orang pekerja di TPA dan turut dihadiri Sekretaris Daerah Kota Manado Micler Lakat, Kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado Franky Porawouw, Kepala Kesejahteraan Rakyat Kota Manado Otniel Tewal, Camat Mapanget Robert Dauhan, Camat Tuminting Bonyx Saweho, Lurah Buha dan Lurah Sumompo. (kimgerry)