Tingkatkan SDM di Bidang Kesehatan, TNI AU Kerjasama dengan Universitas Sam Ratulangi Manado

oleh
Pertemuan antara TNI AU dan Rektor Unsrat. (FOTO: Fernando Rumetor)

MANADO – Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) TNI AU, Marsekal Pertama TNI dr. Swasono Rahayu melaksanakan kunjungan kerja ke Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado pada Selasa (11/7/2023).

Dalam kesempatan itu, dr. Swasono bersama Komandan Lanud Sam Ratulangi, Marsekal Pertama TNI Muhammad Mujib, bertemu langsung dengan Rektor Unsrat, Berty Sompie di Gedung Rektorat Unsrat.

Diketahui, pertemuan kali ini membahas kerjasama antara TNI Angkatan Udara dan Unsrat terkait peningkatan sumber daya manusia (SDM) di TNI AU, khususnya di bidang pelayanan kesehatan.

“Kita melihat Unsrat merupakan salah satu Universitas unggulan dan memiliki program studi-program studi yang bisa kita kerjasamakan, guna meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ucap Danlanudsri, Marsma TNI Muhammad Mujib.

Dirinya berharap kapasitas para personil TNI AU di bidang kesehatan bakal meningkat dan bisa dioptimalkan berkat adanya kerjasama dengan Unsrat ini.

“Secara keseluruhan kita menginginkan personel di TNI AU memiliki kualifikasi dan profesionalisme di semua bidang. Antara lain spesialisasi di bidang profesi dokter, seperti penyakit dalam, gigi, kandungan,” beber Mujib.

(kiri-kanan): Danlanudsri, Marsma TNI Muhammad Mujib, Rektor Unsrat Berty Sompie, Kadiskes TNI AU Marsma TNI dr. Swasono Rahayu. (FOTO: Fernando Rumetor)

Sementara itu, Kadiskes TNI AU Marsma TNI dr. Swasono Rahayu menyebut bahwa personil TNI dituntut untuk bisa profesional, terutama para dokter yang ada.

“Terbukti bahwa anggota kami yang bersekolah di Unsrat ini tidak kalah dengan yang ada di Jawa dan mereka pun kami akui berprestasi juga,” sebut dr. Swasono.

Dirinya berharap nantinya lewat kerjasama ini para personil TNI bisa lebih mudah mengakses pendidikan di bidang kesehatan dan mengaplikasikan kompetensi mereka di satuan masing-masing bisa lebih cepat.

“Jadi kita akan arahkan adek-adek kita untuk bisa mengambil spesialis di Unsrat, tidak perlu jauh-jauh ke Jawa,” tutur dr. Swasono.

Kerjasama dengan TNI AU ini pun disambut baik Rektor Unsrat, Berty Sompie. Menurutnya, sebagai institusi pendidikan, Unsrat terus berusaha melakukan kerjasama dengan berbagai pihak.

“Apalagi ini dengan TNI AU yang orientasinya untuk pelayanan kepada masyarakat. Makanya kami sebagai pengemban tri dharma perguruan tinggi, kami melakukan pengabdian kepada masyarakat lewat Fakultas Kedokteran,” jelasnya.

“Kami mensupport penuh dan secepat mungkin melakukan lompatan-lompatan yang luar biasa, seperti apa yang sudah kita bicarakan bersama TNI AU. Lebih cepat lebih baik,” kuncinya. (Fernando Rumetor)