Penyelenggara Pemilu Harus Pegang Teguh Netralitas dan Profesionalisme

oleh


MINUT
– Netralitas penyelenggara pemilu adalah salah satu pilar utama dalam menjaga integritas dan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi. Meskipun berbagai tantangan yang mungkin akan muncul, langkah-langkah yang tepat dapat diambil untuk memastikan netralitas tersebut tetap terjaga.

Oleh karena itu, Exekutif Committe (Exco) Partai Buruh Minut mengatakan, bahwa netralitas KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara pemilu sangat diperlukan, karena bisa mencegah kecurigaan yang terjadi pada saat ini. “Sehingga, perlu ditekankan kembali untuk jaga netralitas. Apabila netral diterapkan dengan sebaik-baiknya, maka tingkat kepercayaan publik kepada penyelenggara bisa bersih,” ujar Ketua Exco Partai Buruh Sanni Lungan.

Sanni berharap, tidak ada kesalahan dalam proses Pemilu yang disebabkan oleh KPU selaku pelenyenggara dan Bawaslu selalu badan pengawas pemilu. “Jangan sampai ada kesalahan di dalam proses pemilu, yang justru dilakukan oleu pihak penyelenggara. Karena, permasalahan yang timbul bisa saja disebabkan oleh ketidakterbukaan dari petugas atau penyelenggara pemilu itu sendiri,” tandasnya. (Novianti Kansil)