Tahapan Pilkada 2024 Mulai Bergulir, KPU Sulut Siap Sukseskan Penyelengaraan Pilkada

oleh
Media gathering yang digelar KPU Sulut terkait kesiapan penyeleggaraan Pilkada 2024. (FOTO: Fernando Rumetor)

MANADO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara kini mulai menyelenggarakan tahapan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

Terkait itu, KPU Sulut menggelar media gathering bersama wartawan dan memaparkan kesiapan penyelenggaraan serta transparansi penggunaan anggaran pada Rabu (1/5/2024) di Kawasan Megamas Manado.

Sekadar diketahui, tahun ini akan dilaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati se-Sulut.

“Festival Anggaran dan Media Gathering yang digelar saat ini merupakan kesempatan KPU Sulawesi Utara dan kabupaten kota yang ada, untuk menyatakan kesiapan kami dalam menyelenggarakan Pilkada 2024 secara terbuka,” ujar Komisioner KPU Sulut, Awaludin Umbola. 

Menurut Umbola, pesta demokrasi di tahun 2024 ini menjadi tantangan tersendiri bagi pihak KPU Sulut.

Bagaimana tidak, tahun ini dilaksanakan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Legislatif (Pilreg), serta Pilkada yang baru akan dimulai.

Senada dengan itu, Komisioner KPU Sulut, Lanny Ointu mengajak awak media untuk mengawal pelaksanaan Pilkada 2024 dari penyimpangan administrasi.

“Setelah Pilkada resmi dilaunching KPU RI di Jogja beberapa waktu lalu, kami KPU Provinsi berkewajiban melanjutkannya di daerah masing-masing,” jelasnya.

“Untuk itu lewat kegiatan ini, kami meminta awak media mengawal tahapan Pilkada dan Administrasi yang dilakukan KPU Sulut. Karena kami sendiri sudah berkomitmen mempertanggungjawabkan anggaran Pilkada 2024” lanjut Lanny.

Dikatakan Lanny, percuma tahapan Pilkada sukses jika meninggalkan tahapan administrasi yang buruk. Oleh sebab itu dirinya mengajak seluruh pihak bersama-sama mengawal pesta demokrasi ini.

Adapun Media Gathering KPU Sulut menghadirkan dua pemateri yakni Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Ferry Liando, dan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulut, Reidi Sumual. (Fernando Rumetor)