90% Warga Bolsel Puas Kinerja H2M

oleh -
Herson Mayulu, Bupati Bolsel (SINDOMANADO.COM)
Herson Mayulu, Bupati Bolsel (SINDOMANADO.COM)

BOLSEL – Tingkat kepuasan masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) atas kepemimpinan Bupati H Herson Mayulu (H2M) di periode kedua, cukup tinggi. Hasil survei opini publik yang dilakukan Lintas Nusantara pada 20-24 Januari 2018, menempatkan 90,13% warga Bolsel puas dengan kepemimpinan Herson.

Persentasi ini terbagi atas tiga daerah pemilihan mengikuti survey elektabilitas para bakal calon anggota legislatif 2019. “Jumlah sampel awal 220 Responden. Dengan sampel itu margin of error +/- 6,7% pada tingkat kepercayaan 95%. Penarikan sample dilakukan dengan Metode Multistage Random Sampling,” ujar Direktur Lintas Nusantara, Muhammad Jabir, Senin (19/2).

Wilayah dengan tingkat kepuasan tertinggi berada di Kecamatan Pinolosian Bersatu yakni Kecamatan Pinolosian, Pinolosian Tengah dan Pinolosian Timur dengan total tingkat kepuasan mencapai 94,6%. Disusul wilayah Kecamatan Helumo dan Bolaang Uki dengan 88,2% serta Kecamatan Posigadan dan Tomini dengan 87,6%. “90% lebih merupakan akumulasi dari hasil di tiga dapil tadi. Itu untuk kategori puas dan sangat puas atas kepemimpinan dan kinerja bupati Bolsel Herson Mayulu memasuki tahun ketiga di periode kedua,” jelasnya.

Jabir juga menjelaskan, respon dengan diwawancarai dalam survey mereka yang telah berusia 17 tahun atau sudah menika. Wawancara yang dilakukan lewat tata muka oleh pewawancara yang terlatih. “Tiap pewawancara bertugas di desa atau kelurahan sesuai target dan metode yang ditentukan,” ungkapnya.

Dijelaskan pula, quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20% dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti. Dan 50% responden dipilih secara random dengan menelepon setelah wawancara selesai untuk memastikan reponden tersebut telah diwawancarai.

Pada survei yang sama, terbaca bahwa mayoritas masyarakat Bolsel menilai kepemimpinan H2M telah memberikan banyak perubahan positif atas pembangunan di daerah.  (chendry mokoginta/fim/esm)