Kapolda Pastikan Jajaranya Siap Amankan Pemilu 2019 di Sulut

oleh -
Kapolda bersama Ketua KPU dan Koordinator Divisi Teknis.

MANADO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut), didatangi oleh Kapolda Irjen Pol Tri Hardjanto.

Maksud kedatangan kali ini, membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan, serta sejauh mana kesiapan dan persiapan KPU Sulut menjelang pelaksanaan Pemilu 2019.

Ia pun berharap, pelaksanaan tahapan Pemilu 2019 berjalan dengan aman dan lancar.

“Untuk pengamanan sudah diatur dan berjalan. Intinya, Polda Sulut dan seluruh jajaran total siap membantu mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah Sulut,” jelas mantan Ketua STIK Lemdiklat Polri ini, di Aula KPU Sulut, Jumat (11/1/2019).

Sementara itu Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh menerangkan menjelang Pemilu 2019 pihak kepolisian mempunyai posisi strategis dalam hal pengamanan.

“Mari kita bangun koordinasi dan komunikasi yang efektif antara pihak keamanan bersama kami penyelenggara Pemilu,” jelasnya didampingi Koordinator Divisi Teknis Yessi Momongan.

Dia menerangkan untuk tahapan Pemilu 2019 hingga saat ini berjalan lancar dan baik, belum ada gangguan signifikan terhadap proses tahapan penyelenggaraan.

Terkait logistik Pemilu Mewoh menerangkan, surat suara ditargetkan Maret sudah selesai didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota.

“Nantinya logistik Pemilu dijaga dan diamankan oleh pihak kepolisian, sesuai hasil supervisi di akhir 2018, dengan menempatkan personel kepolisian setempat,” jelasnya. (rhendi umar/stn)