Dipenjara 1,5 Tahun, Konser Dewa 19 Tanpa Ahmad Dhani di Malaysia

oleh -
ahmad dhani saat berada di ruang sidang. Foto: Sindonews

 

JAKARTA – Konser reuni band Dewa 19 yang dijadwalkan berlangsung di Malawati Stadium, Shah Alam, Selangor, Malaysia pada 2 Februari nanti sepertinya tetap berjalan sesuai rencana, meski salah satu personel yang juga pentolan band ini, Ahmad Dhani tersandung masalah hukum.

Ayah kandung dari Al, El, Dul dan Shafeea Ahmad ini dinyatakan bersalah dalam kasus ujaran kebencian dan dijatuhi hukuman 1,5 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (28/1).

Baladewa (sebutan penggemar Dewa19) di Negeri Jiran Malaysia tampaknya bakal kecewa tanpa kehadiran Ahmad Dhani, pasalnya pria berkepala plontos itu langsung dijebloskan ke dalam bui seusai putusan tersebut.

Elfonda Mekel, salah satu mantan personel yang akan mengisi posisi vokal dalam konser Reuni Dewa 19, mengaku prihatin atas masalah hukum yang mendera rekannya tersebut. “Terus terang saya prihatin juga dengan dia atas kasusnya ini dan harus menjalani proses hukum seperti ini,” tandas pria yang akrab disapa Once, kemarin.

Kendati demikian, Once menegaskan, meski Ahmad Dhani bakal absen, namun itu sama sekali tidak berpengaruh pada kelangsungan konser reuni ini. Kemungkinan besar posisi yang ditinggalkan Ahmad Dhani akan digantikan additional player.

“Seperti yang saya dengar dari promotor, (konser) tetap berjalan sesuai jadwalnya pada jam dan tempat yang sudah direncanakan tanggal 2 Februari, meski nanti kita lihat saja. Untuk perkembangannya seperti itu kayaknya, karena kalau Dhani enggak bisa kan harus ada additional player,” tutur Once.

Vokalis kelahiran Makassar, 21 Mei 1970 itu sendiri masih enggan untuk berkomentar terlalu banyak terkait masalah hukum yang menimpa Ahmad Dhani. “Saya belum mau banyak komentar dulu, mau lebih mendengar secara dalam kasus ini dari berita seperti apa kita tunggu saja perkembangan kasus ini,” ucapnya.

Sementara itu, Andra and The Backbone, band yang akan menjadi pembuka dalam konser reuni Dewa19 di Malaysia, sejauh ini masih belum mendapatkan info dari pihak promotor terkait nasib konser tersebut. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh sang gitaris, Stevie Item.

ADVERTISEMENT

Pria yang akrab disapa Tephy itu justru mengaku baru tahu jika Ahmad Dhani dijatuhi hukuman 1,5 tahun penjara. “Wah saya baru tahu kasus yang menimpa Mas Dhani. Terkait konser sampai sekarang belum ada info dari pihak terkait mengenai pembatalan konser, dan kami dari Andra and The Backbone masih terus intensif latihan seperti biasa untuk mempersiapkan materi konser ini,” papar putra gitaris senior Yopie Item ini.

Dihubungi terpisah, manajer Republik Cinta Management (RCM), Dian menegaskan bahwa konser akan berjalan seperti jadwal. “Kami tetap jalan terus, Dhani ditahan, Dhani dicekal, kami tetap jalan terus,” tegasnya.

Rencananya, seluruh personel Dewa19 akan terbang ke Malaysia pada 31 Januari. Namun, RCM belum menentukan apakah Dhani akan digantikan atau tidak. “Yang jelas kami tetap berangkat tanpa Dhani, dan kami akan membuat konser ini tetap the best meski tanpa kehadiran Mas Dhani sekalipun,” ungkapnya.sindonews/wolter