70% Kasus Positif Covid-19 di Sulawesi Utara Tak Miliki Gejala

oleh -
Tenaga kesehatan di Sulut di Sulut. (FOTO: Fernando Rumetor)

MANADO- Sesuai petunjuk teknis (Juknis) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, maka pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang tak memiliki gejala tidak bisa dirawat di ruang isolasi rumah sakit (RS).

Hal ini disebabkan oleh pihak RS tidak bisa melakukan klaim pembayaran kepada pemerintah, karena pasien tersebut tidak mengalami gejala dan tidak ada tindakan perawatan yang dilakukan.

Menurut Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dr Steaven Dandel, karena adanya Juknis tersebut, maka terdapat 70% kasus positif Covid-19 di Sulut yang tidak memiliki gejala atau orang tanpa gejala (OTG).

“Ini harus kita patuhi bersama dan harus kita buat sistem yang notabene cocok dengan konteks lokal yang ada di Sulut, salah satunya adalah rumah isolasi (Lebih dikenal dengan istilah rumah singgah),” ujarnya saat konferensi video bersama wartawan, Sabtu (13/6/2020).

70% ini, kata Dandel, ditemukan berdasarkan tracing dan penelusuran oleh tim yang ada di lapangan, baik mereka yang merupakan kontak erat resiko tinggi (KERT) dari pasien yang sebelumnya telah dinyatakan positif, maupun yang hasil rapid test-nya reaktif.

“Makanya bapak Gubernur dari Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Provinsi itu mendorong untuk semua kabupaten/kota menyiapkan ruang isolasi bagi pasien terkonfirmasi positif tanpa gejala. Jadi ruang-ruang isolasi ini diperlukan di tiap kabupaten/kota,” bebernya.

“Pemprov sendiri juga sementara meng-upgrade, menambah kapasitas di rumah-rumah singgah, nantinya kita akan melakukan screening dari sekian banyak orang yang belum bisa diisolasi, yang mana sebenarnya yang bisa diisolasi mandiri,” tambah Dandel

Oleh karenanya, perlu keterlibatan aktif juga dari Gugus Tugas Covid-19 kabupaten/kota karena ini merupakan tanggung jawab bersama. “Kita harus share bebannya, seperti itu,” tukas Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkesda Sulut itu. (Fernando Rumetor)