Gubernur Olly Dondokambey Lantik Lima Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih

oleh -
Proses pelantikan lima kepala daerah dan wakilnya di Graha Gubernuran HV Worang Bumi Beringin Manado. (foto: istimewa)

MANADO – Gubernur Olly Dondokambey melantik lima kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2020 di Gedung Graha Gubernuran HV Worang, Bumi Beringin Manado, Jumat (26/2/2021).

Lima kepala daerah dan wakilnya yang dilantik yakni Caroll Senduk-Wenny Lumentut (Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon), Joune Ganda-Kevin Lotulong (Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara) dan Frangky Wongkar-Petra Rembang (Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan).

Kemudian, Iskandar Kamaru-Deddy Abdul Hamid (Bupati dan Wakil Bupati Bolmong Selatan) dan Sam Sachrul Mamonto-Oscar Manoppo (Bupati dan Wakil Bupati Bolmong Timur).

Proses pelantikan berjalan dengan penerapan ketat protokol kesehatan Covid-19. Tamu dan undangan sangat dibatasi atau hanya sepuluh orang dari masing-masing pasangan kepala daerah yang dilantik.

Pelantikan para kepala daerah berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI nomor: 131.71-374/l tahun 2021 tentang perubahan atas keputusan Mendagri nomor: 131.71-294 tahun 2021, tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten dan Kota pada Provinsi Sulawesi Utara.

“Sumpah janji ini disaksikan tehadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Saya percaya saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan baik-baiknya,” ungkap Gubernur Olly Dondokambey.

Para kepala daerah yang dilantik sesuai SK Mendagri, akan memegang jabatan selama 5 tahun.

Dan apabila yang bersangkutan memegang jabatan tidak sampai 5 tahun yang diakibatkan oleh peraturan perundang-undangan, maka diberikan kompensasi uang sebesar gaji pokok dikalikan jumlah bulan yang tersisa serta mendapatkan hak pensiun untuk masa jabatan 5 tahun. (rivco tololiu)