Polda Sulut Siap Terapkan Aplikasi Sinar, Perpanjang SIM Bisa Lewat Handphone

oleh -
Kegiatan launching aplikasi Sinar ini oleh Kapolri diikuti oleh perwakilan Forkopimda di Sulawesi Utara (Sulut). (FOTO: Istimewa)

MANADO- Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo didampingi Ketua MPR Bambang Susatyo meluncurkan aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar). Launching digelar di Kantor Satpas Daan Mogot Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Kegiatan launching aplikasi Sinar ini juga diikuti oleh perwakilan Forkopimda di Sulawesi Utara (Sulut) dari Mako Polda Sulut melalui sarana virtual zoom meeting.

Wakapolda Sulut Brigjen Pol Rudi Darmoko yang hadir mengikuti launching secara virtual menyatakan kesiapan Polda Sulut dalam menerapkan pelayanan SIM melalui aplikasi Sinar.

“Ini merupakan program terobosan Korlantas Polri. Polda Sulut siap mengaplikasikan program tersebut. Aplikasi ini memudahkan bagi masyarakat untuk perpanjangan SIM A dan C,” ujar Brigjen Pol Rudi Darmoko seraya berharap program ini dapat disebarluaskan ke masyarakat.

Sementara, menurut Kapolri, ini merupakan bagian dari perwujudan janjinya saat melaksanakan fit and proper test, untuk mewujudkan tranformasi menuju Polri yang Presisi, khususnya di bidang pelayanan publik.

“Tentunya cita-cita kami menampilkan Polisi Lalu Lintas yang berwibawa, salah satunya kami bisa mewujudkan pelayanan kepolisian, penegakan hukum yang humanis dan menghindari penyalahgunaan wewenang,” ujar Jenderal Listyo.

Melalui aplikasi ini katanya, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan perpanjangan SIM cukup melalui aplikasi Sinar yang bisa didownload lewat handphone, di mana pun dan kapan pun.

“Harapan ke depan, pelayanan Kepolisian semakin baik dan ini akan menambah semangat dari rekan-rekan untuk menampilkan lebih baik lagi,” kata Kapolri. (Deidy Wuisan)